Hypnodontia ?



Hypnodontik adalah  salah satu seni dan ilmu yang mengutamakan pengontrolan sugesti dan juga komunikasi terapeutik hipnotik di dalam praktik kedokteran gigi. Hypnodontia juga dapat diartikan sebagai perpaduan antara ilmu kedokteran gigi dengan hipnosis. Istilah hypnodontia mulai digunakan pada tahun 1948. Pada sejarah perkembangannya, aplikasi hipnosis di bidang kedokteran gigi kurang begitu pesat bila dibandingkan dengan perkembangan hipnosis pada kedokteran umum dan psikologi.

Metode hypnodontia  bisa dijadikan solusi yang tepat bagi orang yang takut atau fobia ke dokter gigi. Karena bentuk ketakutan tiap orang tentang perawatan gigi berbeda-beda, mulai dari takut dengan peralatan kedokteran gigi, adanya trauma karena memiliki pengalaman tidak menyenangkan dengan dokter gigi, dan juga adanya rasa cemas serta kekhawatiran yang berlebihan.

Hypnodontia digunakan untuk membuat pasien lebih tenang dan merasa nyaman selama perawatan gigi dilakukan. Hypnodontia juga dapat digunakan untuk menghilangkan kebiasaan buruk seperti mengerat gigi pada saat tidur (bruxism).  Sehingga penggunaan hypnodontia sangat efektif dalam menunjang kesehatan gigi dan mulut.

Salah satu teknik yang dapat digunakan dalam hypnodontia adalah mental anesthesi atau yang biasa dikenal dengan gloveanaethesia atau hypnoanesthesi. Teknik ini digunakan untuk menghilangkan sensasi sakit/nyeri pada pasien ketika sedang dilakukan perawatan pada gigi dan mulut.
Hypnodontia selain diaplikasikan untuk pasien dewasa, juga pada anak-anak. Karena kebanyakan anak-anak juga mengalami ketakutan dan ketegangan bila akan berkunjung ke dokter gigi.