Penyebab Gigi Berlubang dan Cara Pencegahannya

Gigi Belubang

Penyebab Gigi Berlubang dan Cara Mengatasinya - Gigi berlubang merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering kita hadapi. Sering kali gigi berlubang dapat menjadi masalah serius yang dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari, sehingga kita perlu tahu mengena penyebab dan cara pencegahannya.

Gigi berlubang disebabkan adanya beberapa jenis bakteri yang dapat menghasilkan asam pada gigi, nah asam inilah yang nantinya dapat merusak mahkota pada gigi kita, dan menyebabkan gigi berlubang. Proses pembentukan asam ini dmulai dari sisa makanan yang menempel di gigi, sisa makanan pada gigi ini akan diuraikan oleh bakteri menjadi asam, asam akan memperngaruhi mineral pada gigi kita dan menjadkan gigi kita sensitif. Hilangnya banyak mineral pada gigi ini lama-kelamaan akan membuat lubang pada gigi kita.

Setelah mengetahui penyebab gigi berlubang maka selanjutnya kita juga harus tahu gimana cara mengatasinya. Nah, beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah gigi berlubang antara lain:

1. Menjaga kebersihan Mulut Kita
Hal utama yang harus kita perhatikan untuk menjegah gigi berlubang adalah menghilangkan penyebabnya. Seperti kita ketahui bahwa penyebab gigi berlubang adalah plak, dan kita juga harus tahu bahwa plak itu dapat terbentuk kembali setelah dibersihkan. Maka hal yang harus kita lakukan adalah rutin menyikat gigi dan menggunakan obat kumur yang dapat mengurangi jumlah bakteri di dalam rongga mulut.

2. Menggunakan Flouride
Hal kedua yang dapat kita lakukan adalah aplikasi flouride pada gigi. Flouride dapat menguatkan gigi kita dengan cara menggantikan mineral-mineral gigi yang hilang akibat produk asam dari bakteri. Aplikasi flouride ini dapat kita lakukan dengan perawatan topikal aplikasi flouride di dokter gigi atau pun dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride.

3. Fissure Sealant
Fissure sealant adalah perawatan gigi dengan cara menutup celah-celah kecil dan sempit pada gigi belakang kita dengan suatu bahan tertentu, hal ini dapat anda lakukan di dokter gigi. Kenapa kita perlu melakukan fissure sealant? Karena pada gigi belakang terdapat celah-celah kecil yang sangat sempit, sehingga bila ada sisa makanan yang masuk ke dalam celah ini maka akan sulit sekali dibersihkan. Nah, hal ini dapat dibuktikan, anda dapat melihat bahwa sebagian besar gigi yang berlubang terlebih dahulu adalah gigi belakang kita.

Itu mungkin penjelasan singkat saya tentang penyebab dan cara mencegah gigi berlubang, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Penyebab Gigi Berlubang dan Cara Pencegahannya