Gigi Goyang dan Cara Mengatasinya

Gigi Goyang/mobile dan Cara Mengatasinya

Gigi Goyah dan Cara Mengatasinya

Gigi Goyang dan Cara Mengatasinya - Gigi goyang biasa disebabkan oleh kerusakan jaringan pendukung gigi ( jaringan periodontal ) yang diawali oleh penumpukan kalkulus atau karang gigi. Sebab lain gigi goyah adalah penyakit sitemik seperti penyakit kencing manis atau diabetes melitus.

Karang gigi dapat menyebabkan gigi goyang disebabkan oleh dua faktor, yakni faktor mekanis dan faktor bakteri. Faktor mekanis yang saya makasud di sini adalah dengan adanya karang gigi di dalam sulkus gusi dapat menyebabkan trauma mekanis terhadap gusi, desakan yang diakibatkan dari karang gigi dapat menjadikan perlekatan gusi dan gigi menjadi tidak baik. Hal kedua adalah karena faktor bakteri yang terdapat di karang gigi. Karang gigi itu berasal dari plak, plak adalah lapisan tipis pada permukaan gigi yang terbentuk terus menerus dan di dalamnya terdapat bakteri. Apabila tidak dibersihkan secara tuntas plak lama kelamaan akan mengalami pengerasan, itulah yang disebut karang gigi. Lapisan kasar pada karang gigi juga dapat menjadikan karang gigi sebagai tempat yang ideal untuk perkembangan bakteri. Produk - produk yang dihasilkan bakteri inilah yang kemudian dapat merusak jaringan pendukung gigi. Ketika jaringan pendukung gigi rusak maka lama kelamaan jaringan tidak dapat "mencengkeram" gigi dengan baik dan menimbulkan kegoyahan gigi.

Untuk pencegahan gigi goyah sebaiknya kita membersihkan gigi secara berkala terutama saat sebelum tidur. Kemudian lakukan scaling ( pembersihan karang gigi ) secara teratur ke dokter gigi. Nah, apabila anda sudah terlanjur mengalami gigi goyah ada baiknya anda konsultasi ke dokter gigi spesialis periodontal. 

Itulah penjelasan singkat dari saya tentang Gigi Goyah dan Cara Mengatasinya. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi anda.