Memasang Behel Gigi di Tukang Gigi


Memasang Behel Gigi di Tukang Gigi - Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan istilah behel gigi atau sering juga masyarakat umum menyebutnya kawat gigi. Nah, dalam dunia kedokteran gigi, behel gigi ini merupakan salah satu alat yang digunakan dalam perawatan ortodontik, dalam bahasa awamnya perawatan untuk merapikan gigi. Di dalam dunia kedokteran gig pun tidak semua dokter gigi dapat melakukan perawatan ortodontik cekat atau behel gigi gigi tersebut karena batasan kompetensi. Dokter gigi yang berhak melakukan pemasangan behel gigi adalah dokter gig spesialis ortodontik (Sp.Ort) dengan kasus ringan sampai berat, ataupun secara "tersirat" untuk kasus ringan (klas 1 Angle) diperbolehkan dilakukan oleh dokter gigi umum.

Dalam perkembangannya, perawatan ortodontik / behel gigi ini sangat diminati masyarakat, tidak hanya sekedar untuk merapikan gigi tetapi behel gigi ini juga banyak dipakai hanya untuk alasan estetik/kosmetik. Lebih lanjutnya tidak hanya dokter gigi saja yang melakukan pemasangan behel gigi ini, tetapi tukang gigi pun sekarang banyak yang melakukan pemasangan behel gigi ini. Dalam hal harga, jelas pemasangan behel gigi di tukang gigi ini sangat murah jika dibandingkan memasang behel gigi di dokter gigi. Sehingga tidak jarang masyarakat kita yang memasang behel gigi di tukang gigi, faktor utamanya jelas karena harga pemasangan behel gigi di tukang gigi lebih murah dibandingkan dokter gigi. 

Namun apakah dengan harga murah tersebut perawatan ortodontik yang diberikan oleh tukang gigi akan dapat merawat gigi kita dengan baik? tentunya jawabannya adalah tidak. Tenaga yang tidak mengetahui segala pengetahuan ilmiah mengenai kesehatan jaringan rongga mulut dapat fatal jika nekat melakukan praktik kedokteran gigi. Jika tukang gigi memasang behel gigi pada pasiennya itu dapat saya katakan sama saja seperti memasang ranjau dalam rongga mulutBerdasarkan peraturan baru Menteri Kesehatan, tukang gigi dilarang melakukan pelayanan kesehatan gigi dan mulut, apalagi ini merupakan kompetensi dari spesialis kedokteran gigi. 

Masyarakat Indonesia masih memiliki pengetahuan yang kurang mengenai kesehatan gigi, sehingga tidak mengetahui risiko kesehatan jika melakukan pemasangan behel gigi ke tukang gigi. Gigi merupakan bagian tubuh yang memang tampak sangat kecil dan sepele. Namun resiko yang dihasilkan apabila terjadi kesalahan dalam perawatan akan besar terlihat baik dalam segi kesehatan ataupun estetis. Sebaiknya apabila anda berniat memasang behel gigi di tukang gigi, anda harus tahu betul mengenai resiko yang anda terima. Jangan dikarenakan alasan harga dan estetik/gaya-gayan/pamer anda menghiraukan kesehatan anda.

Memasang Behel Gigi di Tukang Gigi