Salah satu pemicu Serangan Jantung karena Sakit Gigi

Kita semua hampir pernah mengalami sakit gigi, baik itu sedikit atau pun parah selama hidup kita. Banyak yang tidak menyadari dampak-dampak dari sakit gigi atau dampak berkembangnya kuman di dalam gigi. Seringkali kita terjaga setelah mengalami hal yang buruk bahkan bahayanya adalah kita terkena serangan jantung karena sakit gigi. Memang, dalam dunia kedokteran gigi sendiri, belum bisa ditentukan secara pasti mana sakit gigi yang berbahaya dan mana yang tidak.
Apa sebab Serangan Jantung karena Sakit Gigi?

Sakit gigi tentunya akan menyebabkan sakit gigi, namun bukan tidak mungkin akan menyebabkan penyakit lain di dalam tubuh kita. Pernahkah anda mendengar kasus-kasus penyakit jantung yang disebabkan oleh sakit gigi?? Hal di atas telah dibuktikan oleh para peneliti-peneliti di Eropa dan Amerika. Banyak penelitian yang dilakukan untuk membuktikan hal tersebut dan ternyata memang benar adanya.

Bisa dibayangin, betapa menyeramkannya bila terkena serangan jantung. Dan gigi ternyata terkait langsung dengan sistem jantung di tubuh kita. Masih banyak orang yang menganggap sepele atas hal-hal seperti ini, bahkan menganggap sepele manakala sakit gigi. Tentunya akan lebih menakutkan apabila kita harus mengobati gigi namun yang dibedah adalah dada kita, bukan?

Kuman-kuman Actinobacillus Acetecommitans, bisa melakukan perjalanan lintas saraf ditubuh kita. Dimulai dari gigi yang berlubang (yang bisa disebabkan oleh ciuman) maupun karang gigi, kemudian melewati pembuluh darah hingga berjalanan sampai ke katup jantung. Akibatnya katup jantung akan mengalami infeksi/kerusakan, dan jantung pun bisa seketika berhenti apabila infeksi tersebut telah menyebar ke seluruh jaringan jantung. Siklus ini biasa di sebut dengan bakteremia.

Saya, drg Rudy, merekomendasikan Anda untuk rutin check up walaupun hanya 2 kali dalam setahun termasuk rutin membersihkan karang gigi demi kesehatan mulut khususnya dan tubuh kita secara umumnya.