Pentingnya Dental Check Up

Memang sebagian besar orang akan bertanya, untuk apa ke dokter gigi. Gigi saya tidak sakit kok, kenapa harus repot-repot ke dokter gigi. Memangnya apa yang dilakukan dokter gigi kepada gigi saya yang tidak sakit ini, dan seterusnya, dan seterusnya. Itulah pandangan beberapa orang awam tentang pentingnya mengunjungi dokter gigi, walaupun giginya tidak sedang sakit. Kunjungan ke klinik dokter gigi memang harus dilakukan secara rutin. Minimal 6 bulan sekali, untuk cek kesehatan gigi, Gigi memang terkadang menyimpan rahasia yang kadang pemiliknya tidak mengetahuinya. Penyakit pada gigi umumnya muncul secara diam-diam tanpa ada tanda-tanda yang mendahuluinya.
Apalagi pemiliknya adalah orang yang suka menyantap makanan yang manis-manis ataupun sejenis permen berkadar gula tinggi. Ditambah lagi frekuensi untuk membersihkan gigi setiap hari juga tidak rutin dilakukan. Semuanya menjadi pencetus timbulnya penyakit pada gigi yang akhirnya Anda akan merasa sakit gigi.
Kesehatan gigi memang harus dinomersatukan oleh siapapun, karena bila gigi sudah sakit, maka segala kegiatan akan terganggu. Segalanya serba terasa tidak enak untuk dilakukan. Oleh karena itu, rutin-rutinlah berkunjung ke tempat praktek dokter gigi, minimal 6 bulan sekali, agar gigi selalu berada dalam pengawasan yang semestinya.
Bila memang sudah ada yang berlubang, maka biasanya dokter akan dapat mengenalinya. Di samping pemeriksaan, tentunya di saat kontrol ke dokter gigi tersebut, Anda juga bisa meminta dokter untuk membersihkan karang gigi yang terkadang menjadi sumber bersarangnya kuman penyebab sakit gigi.
Ada satu pertimbangan yang membuat orang malas ke dokter gigi yaitu biaya perawatannya. Anda tidak perlu mengunjungi prakter dokter gigi di rumah sakit-rumah sakit besar, karena biasanya tarif dokter gigi di sana akan cukup menguras kantong. Dewasa ini sudah cukup banyak dokter-dokter gigi yang belum lama lulus, membuka praktek di klinik-klinik sejenis balai kesehatan masyarakat. Tarif sekali periksa pun bisa ditekan hingga setengah atau seperempat tarif dokter gigi di rumah sakit besar.
Dengan memperhatikan kesehatan gigi sejak dini, maka Anda akan terhindar dari sakit gigi dan kegiatan Anda pasti tidak akan terganggu. :D